Jumat, 16 Desember 2011

Pedoman "SESORAH" (Pidato Bahasa Jawa)

(Disertai contoh Teks Sesorah Bahasa Jawa)

Kita sering mendengarkan dan memperhatikan pidato. Kadang di benak kita juga muncul anggapan (atau mungkin semacam tuduhan) bahwa pidato seseorang hanya meniru pidato dari orang lain. Apalagi bila kita mendengar istilah atau rangkaian kalimat yang digunakan dalam pidato seseorang itu hampir sama atau bahkan sama persis dengan istilah atau rangkaian kalimat yang digunakan orang lain. Dari urutan konsep atau sistematikanya sampai dengan susunan tata bahasa yang digunakan saat pidato hampir sama antara satu orang dengan orang lain. Ya, kalau demikian memang sekilas orang melakukan pidato hanya saling meniru. Tapi BENARKAH DEMIKIAN….??
Jawabannya memang ada dua, bisa dijawab BENAR, tapi lebih baik dijawab TIDAK. Kenapa?
BENAR bahwa diantara sekian banyak orang yang bisa melakukan pidato berawal dari menirukan cara pidato orang lain. Bahkan ada orang bisa pidato dengan (terkesan) bagus hanya karena mendengarkan dan menghafal hasil rekaman pidato orang lain.
Tapi sebaiknya tuduhan dalam benak kita itu kita jawab dengan kata “TIDAK BENAR”. Artinya kita menyadari bahwa orang yang bisa dan biasa pidato itu tidak sekedar saling meniru. Kalaupun awalnya ia mampu pidato karena menirukan orang lain, atau karena menghafal hasil rekaman pidato orang lian, akhirnya dalam diri orang itu akan muncul dengan sendirinya pemahaman tentang segala sesuatu yang ada dalam pidato. Yang berarti ia mengetahui dan memahami pedoman tentang pidato.
Jadi pada intinya, bukan masalah dari mana dan bagaimana awalnya kita belajar melakukan pidato, tetapi yang terpenting adalah kalau kita kepingin bisa pidato maka kita harus memahami terlebih dahulu ketentuan apa saja yang harus dipenuhi. Untuk itu, ada baiknya kita pahami bersama apa saja ketentuan yang harus dipenuhi dalam pidato. Kita sepakat saja bahwa pidato yang baik adalah pidato yang disampaikan secara runtut sehingga orang yang mendengarkan mudah menangkap dan memahami maksud pidato yang kita sampaikan. Kita juga sepakat bahwa agar pidato kita bisa runtut hingga memudahkan orang lain memahami, maka kita perlu membuat kerangka urutan materi pidato atau sesorah, yang antara lain sebagai berikut :
1.      Uluk salam / menyampaikan salam
2.      Atur Pambuka / salam pembuka
3.      Nyebat Tamu / menyebut tamu yang hadir
4.      Atur puji syukur sarta panuwun / memanjatkan syukur dan ucapan terima kasih
5.      Wigatining atur / inti pesan
6.      Pengejeng-ajeng lan pangajak /  permohonan dan harapan
7.      Atur panutup / kata penutup
Nah, itulah kurang lebih garis besar yang (harus) ada dalam rangkaian sesorah. Tetapi yang harus diingat bahwa keberhasilan sesorah tidak hanya ditentukan oleh sistematika tersebut, malainkan juga sangat dipengaruhi oleh diri pribadi kita. Bagaimana seseorang harus bersikat ketika ia melakukan sesorang. Perlu kita pahami bahwa ketika kita berpidato atau sedang melakukan sesorah, kita harus bersikap agar mampu menarik perhatian tamu yang hadir atau siapa saja yang berada dalam lingkup acara. Seorang yang melakukan sesorah dituntut mampu berperan dan berpenampilan serta melakukan hal-hal yang dapat menarik perhatian hadirin. Dalam sesorah (pidato), seseorang sangat dianjurkan  mempu memiliki empat “ wa” satu “ba”, yaitu wicara (basa), wirasa, wirama, wiraga  dan busana. Disamping itu, kita juga harus menghindari hal-hal yang menjenuhkan tamu dan menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan ruang lingkup acara. (Selengkapnya dapat disimak dalam posting sebelumnya, dijelaskan dalam angka 5 dan 6. silahkan Klik disini)

Baiklah, untuk lebih memahami penerapan sistematika atau  patokan sesorah di atas, silahkan simak contoh Sesorah Bahasa Jawa :
1. Contoh Pambagyaharja Ketua dalam Rapat Pemuda

5 komentar:

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 thousand men and women are trying a easy and SECRET "liquids hack" to drop 2lbs every night in their sleep.

    It's very easy and works with anybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Go grab a clear glass and fill it half the way

    2) And then follow this awesome HACK

    you'll be 2lbs skinnier as soon as tomorrow!

    BalasHapus
  2. As stated by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh an average of 42 lbs less than us.

    (And realistically, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", not "what"...

    Tap on this link to determine if this short test can help you unlock your true weight loss possibilities

    BalasHapus
  3. If you're trying to lose pounds then you certainly need to jump on this brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet, licensed nutritionists, fitness trainers, and cooks have united to provide keto meal plans that are useful, suitable, price-efficient, and delightful.

    From their grand opening in January 2019, 1000's of people have already completely transformed their body and well-being with the benefits a good keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto meal plan.

    BalasHapus
  4. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    Plus, getting it set up is as easy as 1..2..3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products the system will advertise
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and upsell your affiliate products all for you!

    Are you ready to start making money??

    Click here to start running the system

    BalasHapus
  5. As claimed by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh an average of 42 lbs lighter than us.

    (Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING around "HOW" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    Tap this link to reveal if this easy questionnaire can help you release your true weight loss potential

    BalasHapus